Sabtu, Maret 07, 2009

Gerbang NOT dan Relay

IC 7404 merupakan IC TTL (Transistor-transistor Logic) yang di dalamnya terdapat 6 gerbang logika NOT. Gerbang NOT memiliki satu masukan dan satu keluaran. Jika masukan berlogika 1, keluarannya akan berlogika 0. Sebaliknya, jika masukan berlogika 0, keluaran akan berlogika 1. Karena itulah, gerbang NOT sering disebut sebagai inverter (pembalik) logika.
IC TTL bekerja pada tegangan DC (searah) 5 volt. Jangkauan operasinya dari 0 volt hingga 5 volt. Biasanya, sebuah nilai tegangan dianggap berlogika 0 jika jangkauannya antara 0 volt hingga 0,8 volt. Sementara logika 1 mempunyai jangkauan tegangan 2,5 volt hingga 5,5 volt. Jangkauan tegangan dari 0,8 volt hingga 2,5 Volt dianggap mengambang dan tidak diharapkan dalam rangkaian.
Relay merupakan komponen elektronika yang dioperasikan dengan listrik yang secara mekanis mengendalikan penghubung rangkaian listrik. Relay adalah bagian yang penting dari banyak system pengendali. Relay dapat digunakan untuk kendali jarak jauh dan untuk pengendali alat yang bersumber pada tegangan maupun arus tinggi dengan sinyal kendali tegangan dan arus rendah. Ketika arus mengalir melalui lilitan relay, medan magnet akan menarik lengan besi ke intinya sehingga kontak akan terhubung. Relay mempunyai kontak Normally Open (NO), Normally Close (NC), atau kombinasi keduanya.

Tidak ada komentar: